Cinta Segitiga 2 ( sinopsis cerita , dan film yang mengugah )

Tega banget yah bokap lu…Sudah tahu mukamu kayak orang Cina, dikasih nama Cina lagi.

Tega kali bokap kau..Sudah tahu mukamu perempuan, masih dikasih perempuan.

Mengapa harus Cina?? Penulis merasa bahwa Cina dipandang masih mengalami diskriminasi dan nama itu diangkat sebagai segala perlambang bentuk diskriminasi terhadap orang.Dari namanya dapat saya simpulkan sementara bahwa Cina adalah sebuah bagian dari Indonesia pada khususnya. Dan sebagian besar ada yang beragama Kristen. Dalam hal ini cuplikan yang menunjukkan adanya sebuah PUJI SYUKUR yakni kumpulan lagu yang terdapat dalam gereja Katolik, sehingga si Cina tadi kukatakan sebagai Katolik.

Pertama kali diperkenalkan juga identitas sang pemeran film tadi. Identitas yang membawa kita kepada suatu hal yakni bagaimana menghayati identitas kita dan menjadikannya sebagai hal yang sejati dan berakar dalam hidup kita. Seolah-olah, kita berani memegang identitas kita tanpa memandang orang lain, entah itu agama yang menjadi pemberian orangtua kita, paksaan dari sebuah birokrasi, tuntutan zaman dan politik, lingkungan sekitar, dan lain sebagainya. Identitas yang kita bawa yang bukan hanya pemberian orang tua kita. Analoginya adalah sebuah marga dalam Batak, akan membawa si pribadi tadi untuk mencari hakikat diri sebagai orang Batak. Bagaimanabudaya Batak, bertindak secara batak ( yang sebagian orang beranggapan akan kekasaran tetapi ketulusannya, heheheheh ), dll.Dalam tradisi kita juga, kita mabil contoh saja : saya hampir memastikan bahwa orang yang sudah beragama tertentu ketika dia berpindah agama, dikatakan orang sebagai orang yang aneh. Sekarang sebenarnya aku hanya berani mengatakan bahwa, kita harus menjadi identitas kita sendiri semaksimal mungkin. Menggali lebih dalam. Bukan tentang kebenaran karena kebenaran itu dalam sistem yang dibuat manusia adalah hal yang dianggap benar dan diterima oleh umum karena diyakini kebenarannya ( NN ) dan sistem yang mendekati kebenaran itu sendiri ( Aristoteles )

Kalau Annisa, saya hanya bisa beropini bahwa itu adalah nama yang umum bagi sahabat-sahabat kita yang muslim. Di film-film, baik layar lepas, maupun bersambung, nama itu merupakan nama cantik dan sering dibuat sebagai aktor utama. Memang benar-benar cantik

About these ads