Kiat masuk STAN

STAN sebagai institusi yang mungkin paling diminati oleh semua orang karena menawarkan suatu kemurahan dalam biaya ( walaupun itu semua tak benar ) . Terkadang juga ada pungutan tertentu yang memang seharusnya kita bayar. Contohnya adalah biaya OSPEK alias dinamika kalau di STAN nya sendiri. Untuk masalah buku dan biaya pendidikan juga digratiskan. Biasanya anak STAN itu kebanyakan uangnya habis untuk memfotokopi bahan kuliah yang tidak ada di buku dan dikeluarkan oleh dosen itu sendiri. Ada juga pungutan per kelas tiap bulan, tapi itu tak begitu besar lah…

Hal yang pertama kali perlu dipertimbangkan dalam memilih jurusan/program studi/program diploma di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara adalah minat dan bakat calon mahasiswa tersebut.Kalau dalam pengalaman sang penulis, orang akuntansi terkenal dengan dosen yang tergolong susah. Jadi, bisa disimpulkan juga akuntansi nantinya akan berhadapan dengan kuliah yang serba banyak dan menguras otak. Dan Sistem DO nya juga yang sebagian besarnya diperoleh dari akuntansi.

Oia, saya belum menyinggung, mengenai jurusan lain diluar akun dan pajak.. Biasanya jurusan inilah jurusan yang paling santai dan tingkat kelulusannya yang hampir 100 %.Dengan adanya minat yang kuat dan adanya bakat pada suatu jurusan tertentu diharapkan peluang untuk bisa diterima lebih besar, karena calon mahasiswa tidak ada tekanan dari pihak luar (orang tua/keluarga/teman atau hanya ikut-ikutan), sehingga saat mengerjakan ujian tidak ada beban lain dan lebih berkonsentrasi pada materi ujian.

Hal berikutnya yang perlu dipertimbangkan adalah kondisi umum dari jurusan yang ada di STAN tersebut termasuk jumlah peminat serta tingkat kesulitan pada jurusan tertentu.Secara umum tingkat kesulitan yang dihadapi akan sebanding dengan hasil/output yang akan diperoleh mahasiswa itu sendiri.

Tingkat kesulitan untuk masuk jurusan akuntansi biasanya paling tinggi karena selain jumlah peminat yang paling banyak, menurut informasi jurusan akuntansi menuntut hasil USM yang lebih tinggi. Jurusan ini juga sebagai gambarannya dikenal mempunyai waktu belajar yang lumayan banyak, serta bahan yang tergolong menyusahkan karena mempelajari hampir semua faktor keuangan yang dipelajari di jurusan lain.Namun hal tersebut seimbang juga dengan hasil akhir yang diperoleh mahasiswa, karena lulusan akuntansi yang memenuhi persyaratan bisa langsung meneruskan ke jenjang Diploma IV yang tentu saja sudah diangkat menjadi CPNS.

Jurusan berikutnya yang termasuk banyak diminati adalah Perpajakan dan Bea Cukai. Jurusan ini tergolong santai dalam belajarnya. Dari masing-masing jurusan tersebut jika peserta merasa memiliki kemampuan yang cukup alangkah baiknya untuk bisa mengikuti perkuliahan di Jakarta, yang tentu saja saat ini hanya diperuntukkan bagi D III, karena selain output yang lebih baik, pendidikan di jakarta memperoleh pembinaan akhlak yang lebih baik pula dari lingkungan kampus.

Namun jika calon peserta kurang yakin dengan kemampuan yang dimiliki untuk dapat bersaing dengan puluhan ribu peserta lain, dengan di terima di D I yang pendidikannya diselenggarakan di daerah, hal tersebut juga merupakan suatu karunia yang harus disyukuri.

Bagaimana jika akhirnya tidak diterima di D III maupun D I?, siapkan Plan B atau rencana alternatif yang mungkin dapat dipilih, tentunya tidak perlu terlalu bersedih.

program studi di STAN

  1. Program D III Keuangan Spesialisasi Akuntansi

  2. Program D III dan D I Keuangan Spesialisasi Kebendaharaan Umum

  3. Program D III dan D I Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai

  4. Program D III dan D I Keuangan Spesialisasi Perpajakan

  5. Program D III Spesialisasi Penilai (PBB)

  6. Program D III Spesialisasi PPLN

Sebelum mendaftar nantinya, anda harus bisa memastikan bahwa ada pilihan tertentu dan kita harus bijak dalam memilih. Kita mulai enak-enaknya saja.

Untuk program akuntasi, hampir dipastikan bahwa anda boleh memilih instansi apapun selama dia berbau keuangan. Lulusan akuntansi STAN juga banyak yang diminati oleh pasaran perusahaan swasta. Intinya akuntansi STAN masih dipandang tinggi oleh mata publik. Semua instansi pemerintahan dapat dijangkau oleh jurusan akuntansi karena sifatnya yang menyeluruh. Jadi, intinya bisa masuk instansi tempat jurusan STAN yang lain.

Prodip I dan III Spesialisasi Kebendaharaan Negara

a. Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) b. Ditjen Perbendaharaan. c. Ditjen Anggaran Perimbangan Keuangan

Prodip Spesialisasi Bea Cukai

ditempatkan biasanya di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) ,Kanwil DJBC ,Kantor Pelayanan Bea dan Cukai

Prodip I dan III Spesialisasi Perpajakan

bisa ditempatkan di Kantor Pusat DJP,BAPEKKI , Setjen Depkeu , Departemen Dalam Negeri ,BPK ,BPKP , Bapepam ,Kementrian BUMN ,BPPK

Prodip Spesialisasi Pengurusan Piutang dan Lelang Negara

Kantor Pusat DJPLN , kantor Vertikal DJPLN

Prodip III Spesialisasi Pajak Bumi dan Bangunan

KPPBB , Kantor Pusat DJP , Kanwil DJP ,BPPK , DJLK

situs stan terbaru menurut hasil polling terbaru

D-I Kebendaharaan Negara 463 5.25 %

D-III Kebendaharaan Negara 680 7.72 %

D-I Kepabeanan dan Cukai 413 4.69 %

D-III Kepabeanan dan Cukai 1344 15.25 %

D-III Kepiutanglelangan 190 2.16 %

D-III Akuntansi Pemerintahan 2227 25.27 %

D-III Penilai (Pajak Bumi dan Bangunan) 468 5.31 %

D-I Administrasi Perpajakan 626 7.10 %

D-III Administrasi Perpajakan 2401 27.25 %

Advertisements