Depkeu blueMungkin langkah-langkah yang menurut saya bisa dilakukan:

Yang paling utama adalah melengkapi persyaratan yang diperlukan dalam pencalonan diri. Jadi jangan sampai nantinya memberikan hal palsu yang nantinya akan menyulitkan anda. Karena sanksinya adalah berat dan langsung dikeluarkan. Mendaftarlah dengan baik, dan jangan lah terlalu lambat karena dapat menyulitkan anda nantinya. ( saya teringat ketika mendaftar dulu terpaksa membohongi panitia di hari terakhir dengan berujar bahwa saya akan ketinggalan pesawat. Syukurlah, ternyata dapat cepat selesai : NB : jangan ditiru )

1.Kuasailah berita-berita aktual yang terjadi sebelum test STAN ( jauh-jauh hari demi mempermudah ). Kalau saya dulu berjuang keras mempelajari harian KOMPAS satu bulan sebelumnya. Anda juga dapat belajar sepenuh hati dengan berita di TV ( dengan asumsi bahwa anda kurang suka membaca ). Kalau perlu catatlah jika kamu anggap penting. Ini akan berguna ketika anda berhadapan dengan soal pengetahuan umum. Mungkin juga dengan googling internet dengan mencari hal terpenting seperti Putri, Miss Universe, Peraturan perundangan yang terbaru dll ( saya rasa para pembaca dapat mengambil sesuatu hal yang berguna bagi anda sendiri.

2 Sering-seringlah belajar soal STAN yang terdapad dalam berbagai buku.

Hal ini sama analoginya dengan soal test IQ yang sebagian besar kalau diasah terus akan membantu kita dalam mengerjakan soal nantinya. Soal STAN dapat kalian beli di toko buku terdekat. Kalau dimungkinkan, belilah beragam soal dari tahun-ke tahun supaya anda dapat memahami semua bentuk soal. Ingat bahwa, soal dari tahun ke tahun itu berbeda dan mempunyai kepribadian dan karakter soal yang tersendiri. So, marilah kita mewaspadai setiap

Kebetulan untuk tahun saya kebanyakan soalnya adalah kemapuan untuk berhitung cepat. Jadi waktu dirasakan kurang. Menurut analisa sang penulis, soal tahun 2007 boleh dikatakan sebagai soal yang lebih mengutamakan pekerjaan logika berpikir. Kebanyakan karakter soalnya adalah pertanyaan bersyarat dan berasumsi.

Ingat bahwa, dalam soal STAN tidak akan diperkenankan menggunakan kalkulator. Jadi kemapuan berhitung cepat haruslah kita kuasai. Pertama, tama saran saya adalah menguasai kuadrat bilangan dari 1-40 dan usahakan untuk menghapalnya. Memang terkadang soal STAN dikondisikan seperti itu karena keuanganitu terkadang membutuhkan analisa cepat dan perhitungan cepat yang sederhana dengan asumsi kita tidak menggunakan kalkulator dimana-mana.

Banyak-banyaklah belajar test IQ, Test Masuk CPNS dan Test Psikotest lainnya

Penulis mempunyai pengalaman bahwa, banyak soal yang hampir sama dan keluar pada USM yang bias kita lihat pada psikotest buku-buku tertentu.

Belajar Test IQ dapat kita lakukan karena banyak analisa yang dalam test IQ dapat kita temukan di soal STAN. Usahakan jangan menghapal angkanya, tetapi perhatikan lah polanya. Test psikotest juga penting karena tak jarang juga mereka memberikan soal yang berupa angka, lambang, simbol yang sebagian besar kita akan beraltih nantinya di sana.

Test masuk CPNS juga bisa dijadikan sebagai alternatif karena anda disiapkan sebagai PNS juga kan ( tetapi masuk PNS Depatemen Keuangan CUY ). Jadi pengalaman penulis, mempelajari test cpns sangatlah baik terutama hal-hal yang berkaitan denga Pancasila, dan sistem ketatanegaraan ( Saya jadi teringat akan soal yang menanyakan pengganti Presiden dan wakil Presiden ketika mereka meninggal.

Materi ini sering diujikan dalam soal USM apalagi yang berkaitan dengan penalaran dan hal yang berhubungan dengan soal pengetahuan umum…

1. Motivational Appraisal For Personal Potential

2. Edward Personal Preference Sechedule

3. Tes Psikologi & Kepribadian :

4. Materi Assessment test .

5. House Tree Person Test (Tes menggambar pohon, orang dan rumah)

6. Kraeplin Test/Pauli Test (Tes Berhitung cepat)

7. Draw A Person test,Baum Test, (Tes Menggambar orang)

8. Enneagram Personality Test 1 & 2

9. Wartegg test (Test melanjutkan 8 gambar, strategi & contoh)

10. Tes Aritmatika

11. Tes Logika Aritmatika

12. Tes Logika Penalaran

13. Verbal Tes

14. Visual Tes

15. Tes Skala Kematangan

16. SoaL Pengetahuan Umum

17. Tes Pola Deret Bilangan

18. Kepemimpinan

3. Belajar bahasa Inggris dengan maksimal

Ini adalah materi yang paling sulit dari tahun ke tahun yang dijadikan momok oleh penulis. Anda bisa melihat bahwa soal bahasa Inggris STAN itu tudak bisa diterka satupun. Bahkan saya dari dulu, merasa kewalahan dalam hal ini. Orang yang boleh dikatakan sebagai orang yang pandai dalam bhs Inggris ketika kusuruh menghadapi soal ini selalu merasa kewalahan.

TOEFL : Mungkin zaman dahulu saya kurang diberi senjata toefl yang banyak berguna di STAN.

Vocabulary : ini neh yang menjadi masalah TER…TER….wah pokoknya paling susah lah yang dialami sang penulis ( Frans )… Bahkan saya dulu nya menembak ( maksudnya menghitung dengan kancing jawaban untuk bahasa Inggris ini )

Vocabularinya yang sebagian besar adalah kata-kata terbaru dan sulit utnuk dicerna. Terkadang bacaan tidak mampu merefleksikan jawabannya. Dan bahkan bacaannya juga yang menjebak. SO, jangan terpengaruh sama bacaannya.

Dan ini semua kuserahkan semua kepada pembaca untuk menentukan kebijakannya dalam menghadapi soal beginian karena saya dulunya mempercayakan hal ini sepenuhnya kepada TUHAN.