STAN Yellow

Soal USM STAN memang berbeda dengan UN atau SNMPTN. USM STAN terdiri dari tiga bagian yakni Test Kemampuan Umum (TKU), Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Jumlah soal semuanya adalah 180 soal dan hanya diberiokan waktu selama 180 menit untuk menjawab semua soal tersebut. Jadi secara kasarannya untuk waktu menjawab 1 soal hanya 1 menit. Tapi jika tidak yakin jangan dijawab semua, karena di USM STAN ada yang namanya nilai mati. Apa itu nilai mati??

Nilai mati adalah jika jumlah benar dalam satu bagian soal kurang dari sepertiga jumlah soal bagian itu. bingung??? Begini, Soal TKU jumlahnya 120, misalnya yang kita kerjakan totalnya 90 soal. Lha dari 90 soal tersebut, untuk lolos dari nilai mati maka kita harus benar paling sedikit 41 soal (40=1/3 120). Untuk bahasa Indonesia jumlah soalnya 21, jadi untuk lolos nilai mati harus benar 8 soal. Bahasa inggris jumlah soalnya 39 soal, dan untuk lolos nilai mati harus benar minimal 14 soal.

Hal terpenting adalah berusaha menjawab semua soal. Apalagi karena ini menyangkut dengan nilai mati yang menjadi momok semua orang. Nilai mati ini adalah nilai yang dapat dan banyak memberikan celaka bagi semua orang.

USM STAN dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia,dan diawasi langsung oleh Direktur STAN. Dalam menggerjakan USM STAN, peserta ujian jangan sampai mencontek atau percaya pada orang yang bisa memberikan jawaban karena akan merugikan peserta ujian sendiri. Tipe soal USM STAN tidak hanya 1 jenis, tapi ada 4-6 jenis dengan kode yang berbeda-beda.

Pastikan temen-temen mengetahui lokasi ujian minimal H-1 sebelum ujian, supaya lebih tenang dan tidak tergesa-gesa. Bawa pensil 2B jangan hanya satu, tapi 4-5 sekalian. Jangan Pake pencil mekanik karena banyak yang tidak terbaca di mesin OpScan. Bawa Landasan menulis, jaga-jaga kalo ujian di Gelora Bung Karno. Bawa Penghapus dan pastikan jika menghapus jawaban harus bersih. Jangan terlambat, karena tidak ada tambahan waktu apapun alasannya.

Sebelum berangkat pastikan ijin dan minta Doa Restu orang tua (ayah dan Ibu), karena restu mereka sangat berguna. Satu lagi Banyak Berdoa Kepada Allah….

Selamat menempuh Ujian STAN 2009. Apapun hasilnya itu yang terbaik buat kita.
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua.